-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

Begini Kata Kades Sukalilah, Soal Pentingnya...

Jumat, 28 Juli 2023 | Jumat, Juli 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-09T22:07:31Z



SGJ Garut – Guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat, Kepala Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat membangun kantor desa dengan struktur bangunan permanen 2 lantai. Kini progres pencapaian pembangunan gedung kantor desa telah mencapai 70 persen.

 



Menurut Kepala Desa (Kades) Asep Haris.M.Pd mengatakan pembangunan kantor desa dibangun 2 lantai ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, Kenyamanan serata pelayanan yang baik dan cepat dari pemdes juga sangat diharapkan oleh warga masyarakat.

 

“Saya berharap jika nanti sudah selesai pembangunan gedung kantor desa ini, bisa menciptakan suasana nyaman bagi aparatur desa sehingga pelayanan terhadap masyarakat juga akan lebih baik,” kata Asep Haris usai kegiatan Gerakan Jum’at Menanam Pohon. Jumat (28/7).






Selain itu seluruh perangkat dan lembaga desa lainnya akan memiliki ruang kerja masing-masing yang representative. Sehingga diharapkan akan mampu untuk mendedikasikan diri lebih baik lagi, termasuk dapat mendongkrak semangat kerja dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

 

Lanjut Asep Haris dengan fasilitas ruang kerja yang nyaman akan mampu menghasilkan ide dan gagasan untuk kemajuan desa dimasa depan. Sebab menurutnya seiring perkembangan jaman, seluruh perangkat desa dituntut untuk mampu bekerja professional sesuai tupoksi serta mampu meningkatkan kompetensinya sebagai pelayan masyarakat yang notabene harus siap melayani masyarakat secara maksimal.

 

Adapun proses pembangunan kantor desa, Asep Haris menjelaskan bahwa pembangunan lantai dua ini adalah rehapan lanjutan yang sumber dana pembangunannya dari anggaran bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui program IP satu dan IP dua pada tahun 2021 – 2022. Sedangkan sumber dana lainnya di peroleh dari anggaran APBD Kabupaten Garut.

 

Diwaktu yang sama, Kades Sukalilah mengutarakan dua hal yang tidak kalah pentingnya, yakni terkait dengan kebutuhan sarana penerangan jalan umum (PJU) yang memadai. Kebutuhan PJU ini seiring dengan meningkatnya perkembangan pemukiman penduduk yang kian bertambah sehingga memerlukan titik pemasangan PJU yang baru.

 

“Bukan hanya membutuhkan penambahan pemasangan PJU baru, namun PJU yang sudah terpasang pun kondisinya banyak yang tidak berfungsi. Makanya dalam waktu dekat saya selaku kades akan membuat surat pemberitahuan serta permohonan kepada Dinas Perhubungan,” tandas Asep Haris.

 

Sedangkan perihal kedua, ia pun bersama Babinmas serta Babinsa desa setempat akan memasang titik CCTV ditempat-tempat yang berpotensi rawan tindak kejahatan. “Pemasangan CCTV tersebut diharapkan dapat membantu identifikasi jika terjadi tindakan kejahatan maupun kejadian-kejadian yang berhubungan dengan kamtibmas lainnya,” jelasnya. *** (iwan/Q-Munk/red)     


close