-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

Linda : Harum Madu Solusi Ketahanan Pangan

Selasa, 18 Juli 2023 | Selasa, Juli 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-09T22:09:04Z



SGJ Garut - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Pertanian (Disperta) mengusung sebuah program bernama Harum Madu atau singkatan dari Halaman Rumah Bermanfaat Terpadu, sebagai upaya pemerintah untuk menunjang ketahanan pangan di masyarakat.

Guna menyukseskan program tersebut, setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Garut berlomba-lomba membangun Harum Madu tersebut.

Kepala Dusun (Kadus) Neglasari, Desa Mekarsari, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Linda, mengatakan program Harum Madu yang diselenggarakan oleh Kelompok Perempuan Peduli Pangan (KP3) ini adalah menjadi solusi untuk ketahanan pangan.

"Harum Madu adalah program pemerintah untuk menunjang ketahanan pangan masyarakat yang semakin hari semakin sulit, harga kebutuhan pokok terus merangkak," kata Linda kepada Suara Grib Jabar.

Selain menjabat Kadus, Linda juga menjabat Ketua KP3 Desa Mekarsari itu berujar bahwa pelaksanaan Bimtek Harum Madu ini digelar dalam rangka peringatan Hari Krida Pertania Nasional yang ke 15 Tahun.

"Harum Madu merupakan program yang telah ditetapkan oleh Pemkab Garut. Sedangkan pelaksanaan Bimtek ini sendiri dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat program ini juga berkaitan dengan program dari Dinas Pertanian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut," ujar Linda.

Masyarakat terutama kaum ibu sangat mengapresiasi kegiatan Harum Madu yang diselenggarakan oleh KP3 di kampung Neglasari. Mereka berharap Harum Madu dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dengan cara menyembunyikan tanaman di halaman rumah.

“Dan internalisasi ini tidak sebatas hanya bentuk gerakan tetapi berdampak secara impact-nya kepada kesejahteraan masyarakat,” ungkap NR, warga Neglasari.

Ia berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini yang konsisten mengkampanyekan penanaman sayur dan buah-buahan kepada masyarakat agar bisa membantu kebutuhan masyarakat dalam hal perekonomian.(**Yopi).

close