-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

Ternyata Hercules Bergelar Kanjeng Raden Haryo

Rabu, 05 Juli 2023 | Rabu, Juli 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-09T22:15:37Z

Foto: Tribun

SGJ - Raja Keraton Surakarta, Paku Buwono XIII Tedjowulan memberikan gelar kepada Hercules Rosario Marshal atau Hercules. Selain Hercules, sertifikat gelar kebangsawanan kepada 200-an orang di Istana Badran Surakarta.

Pria yang dikenal sebagai Ketua Umum (Ketum) Ormas Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (Grib Jaya) tersebut mendapat gelar Kanjeng Raden Haryo (KRH).

“Saya sangat senang mendapatkan gelar dari keraton. Gelar ini sebuah kebanggaan,” kata Hercules yang mendapat gelar Kanjeng Raden Haryo (KRH) dan nama baru Yudhopranoto.

"Saya sangat berterima kasih pada keraton. Meski bukan orang Jawa, saya mendapat undangan menerima gelar,” katanya.

Hercules mengatakan bahwa dirinya memiliki hubungan yang baik dengan Tedjowulan. Mereka saling mengenal saat Tedjowulan yang merupakan prajurit militer bertugas di Timor Timur.

"Tedjowulan yang merupakan perwira TNI bertugas saat terjadi konflik. Saat bertugas di tanah kelahiran saya, akhirnya terjalin hubungan baik, hingga bertemu kembali di Ibu Kota," ungkap Hercules.

Sementara KGPH Adipati Sosronagoro, Plh Istana Badran mengaku kagum pada sosok Hercules. Bahkan ia terang-terangan memberikan acungan jempol karena Hercules dianggap telah melestarikan budaya Jawa.

“Beliau sering melakukan ritual Jawa. Ia juga sering melakukan ziarah ke makam raja Jawa dan puasa Senin Kamis,” tuturnya.

Menurut Ia "jarang orang luar Jawa mau nguri-uri budaya Jawa. Kita lihat, beliau ke sini pakai pakaian adat Jawa, bahkan beliau juga telah belajar untuk mendalami bahasa Jawa,” jelasnya. 

Para penerima gelar kebangsawanan tersebut, lanjutnya, sudah sejak lama mendapatkan pengukuhan dari Paku Buwono XIII Tedjowulan. 

"Sudah lama gelar itu dikukuhkan, tetapi mereka belum sempat mengambil sertifilat gelar itu," ujarnya.

 Selain memberikan sertifikat gelar kebangsawanan, lanjut Adipati Sosronagoro, keraton juga menggelar tasyakuran terkait rekonsiliasi dengan Keraton Surakarta pimpinan Paku Buwono XIII Hangabehi. "Kami semua bersyukur bahwa rekonsilian telah berhasil dilakukan," tegasnya.***

close