-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

Gerak Cepat Kades Kertajaya Tangani Krisis Air Bersih

Senin, 02 Oktober 2023 | Senin, Oktober 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-02T07:47:47Z



SGJ, Garut - Pemerintah Desa (Pemdes) Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan akibat kemarau.

"kami mulai distribusikan air bersih diwilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan sumber air," ujar kepala Desa kertajaya Tatan Asmara, didepan Kantor Desa Kertajaya (2/10/2023).

Pendistribusian air bersih kepada warga ini, lanjut Tatan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut serta dibantu oleh Satuan Brimob, Babinmas dan Babinsa setempat.

Kades Tatan mengatakan bantuan air bersih disalurkan menggunakan armada truk pengangkut air untuk membantu warga di wilayah yang mengalami kekeringan. "Tiga bulan terakhir ini, ada beberapa titik wilayah mengalami krisis air. Sungai dan sumber air mulai mengering, warga hanya berharap bantuan dari luar," ungkapnya.





Ia berharap kinerja kami dapat membantu kebutuhan air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan. Apabila masyarakat kekurangan air bersih segera melaporkan ke pemdes, dan selanjutnya kami akan mengajukan permohonan ke BPBD dan instansi terkait lainnya.

Menyikapi hal ini, Babinsa Desa Kertajaya meminta masyarakat beradaptasi. Pasalnya di musim kemarau tersebut akan ada wilayah-wilayah yang terdampak. 

Babinsa mengatakan akan terus berupaya melakukan langkah-langkah antisipasi. "Kami menghimbau masyarakat mulai dari sekarang juga harus hemat air serta bijak untuk memanfaatkan air dengan efisien," katanya. *** (Oki Setiawan)

close