-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

MERIAHKAN SATU DEKADE RUDI-HELMI GELAR KEGIATAN DI CIKAJANG

Jumat, 06 Oktober 2023 | Jumat, Oktober 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-06T00:19:45Z


SGJ Garut - Menyambut dan meriahkan satu dekade Rudi - Helmi (Bupati - Wakil Bupati) memimpin Kabupaten Garut menggelar rangkaian kegiatan senam sehat, Off Road tingkat nasional, festival gelar budaya, pengobatan gratis, vaksin hewan gratis, pengurusan adminduk gratis, serta pembuatan sim dan memperpanjang sim, juga kegiatan donor darah di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, (5/10/2023).


Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Beni yoga, Camat Cikajang, Undang Saripudin, Kapolsek Cikajang, AKP H. Adnan Muttaqin, Komandan Yonip 303, Danramil Cikajang dan Petugas Dukcapil serta sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas).


Istri Bupati Garut, Diah Kirniasari  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tertinggi untuk masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan Satu Dekade Rudy - Helmi dalam memimpin Kabupaten Garut. Ia mengajak untuk bersama-sama menjaga kekompakan dan persatuan untuk Kabupaten Garut tetap aman dan kondusif.


"Mari terus jaga kekompakan dan terus dukung pembangunan Kabupaten Garut yang kita cintai," ujarnya.


Sebagaimana diketahui saat ini Pemkab Garut saat ini terus fokus membangun infrastruktur, tak hanya di wilayah pusat kota saja tapi juga infrastruktur semua kecamatan yang ada.


“Jalan-jalan utama sudah kita bangun semua, begitu juga jalan pemukiman warga,” ungkapnya.


Lanjut Diah Kirniasari, rangkaian kegiatan seperti pengobatan gratis, kacamata gratis, serta kegiatan bakti berupa donor darah yang bekerjasama dengan pihak medis dari Rumah Sakit Medina. Kemudian pembuatan adminduk gratis seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Perekaman e-KTP digital yang dipandu langsung bersama Disdukcapil.


Selain itu pihak Polres Garut juga berpatisipasi dalam giat acara tersebut yang menyelenggarakan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan perpanjangan SIM.


"Kami berharap rangkaian kegiatan ini dapat membantu dan meringankan masyarakat. Ini adalah bentuk nyata kepedulian Rudy - Helmi terhadap masyarakat Garut pada umumnya, dan warga Kecamatan Cikajang pada khususnya," jelasnya.


Sementara ditempat terpisah satu rangkaian kegiatan Satu Dekade Rudy - Helmi juga diadakan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Senin (2/10/2023) yaitu kegiatan Deep Forest Challenge (DFC) Expedition. Dalam pembukaan acara itu,  Bupati Garut, Rudy Gunawan melepas 25 mobil peserta DFC Expedition.


Para peserta akan melintasi jalan bersejarah yang dibangun pada zaman penjajahan pada tahun 1870 di Kecamatan Cikajang dan sekitarnya. Jalan ini dahulu digunakan oleh penjajah untuk mengangkut hasil pertanian ekslusif dari Kabupaten Garut, yang dibawa oleh VOC langsung ke Belanda.


"Buktinya adalah tahun 1890 dibuatkan jalan Kereta Api Cibatu menuju Kecamatan Cikajang, yang hari ini sedang diusahakan untuk reaktivasi, (dan) hari ini tim ekspedisi dari DFC melakukan langkah untuk bisa menyelusuri kembali 17 kilometer dengan 5 hari 5 malam," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan.


Ia mengharapkan kegiatan DFC Super Adventure dalam rangka dekade Rudy-Helmi ini, akan menumbuhkembangkan pariwisata dan mengulang kembali kejayaan Kabupaten Garut dalam bidang hortikultura. 


"Sebab, pada waktu 1870 telah dilaksanakan ekspor berupa kopi, berupa coklat, berupa lada, dan ada lagi yaitu teh dan yang terkenal vanili dari Garut menuju ke Eropa, juga kentang yang dihasilkan dari Garut, ternyata serupa yang dihasilkan di Eropa," jelas Rudy. ***(Rina/ Red).










close