-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

Pemkab Garut Komitmen Membangun Konsep Smart City

Jumat, 13 Oktober 2023 | Jumat, Oktober 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-13T13:19:48Z

Bupati Garut Rudy Gunawan


SGJ Garut - Bupati Garut, Rudy Gunawan menegaskan komitmen Pemerintah Daerah  Kabupaten Garut dalam membangun konsep smart city.


Menurutnya, arahan dari pemerintah pusat mengindikasikan pentingnya efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.


"Dari pemerintah pusat bahwa daerah-daerah di Indonesia itu harus mempunyai komitmen membangun smart city dalam rangka memberikan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan," kata Rudy (10/10/2023).


Menurut bupati , melalui smart city ini dapat mengefektifkan segala hal, salah satunya yaitu mengenai Indikator Kinerja Utama (IKU).


Tenaga Ahli Smart City Kemenkominfo RI, Harya Widiputra, menekankan bahwa konsep smart city tidak semata-mata berkaitan dengan teknologi informasi.


Menurutnya, smart city adalah suatu kawasan yang dapat mengelola sumber daya secara efisien dan efektif untuk menyelesaikan berbagai tantangan dengan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan. Hal ini juga melibatkan penyediaan7 infrastruktur untuk meningkatkan kualitas hidup warga.


" Insya Allah ke depannya memang Kabupaten Garut sudah memiliki cara pandang yang sama bahwa mewujudkan smart city itu harus dikerjakan bersama-sama seluruh perangkat daerah yang ada di Kabupaten Garut," ungkapnya.


Harya Widiputra menambahkan, pihaknya bertugas memberikan dukungan dalam penyusunan masterplan smart city dan memberikan pemahaman smart city melibatkan berbagai aspek selain teknologi informasi.


Teknologi informasi memiliki peran kunci dalam mempercepat pembangunan smart city terutama dalam aspek pemberian layanan kepada masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, pemberian layanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara fleksibel.


"Pembangunan infrastruktur smart city tidak terbatas hanya pada penggelaran fiber optik ataupun penambahan hostpot tapi juga meliputi terbangunnya sarana-sarana ibadah, sarana-sarana pendidikan, sarana-sarana layanan kesehatan, sarana aktivitas sosial seperti ruang terbuka hijau, dan sarana transportasi serta berbagai sarana lainnya yang mendukung layanan kepada masyarakat," katanya. 

close