-->

Notification

×

Iklan

Iklan

iklan close

close

Longsor di Sukaresmi, 2 Rumah Tertimbun Tanah

Sabtu, 13 April 2024 | Sabtu, April 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-13T04:44:37Z



SGJ Garut - Hujan lebat kembali di Kampung Tonjong Rt 05 Rw 04 Desa Cinta damai Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut membuat tanah longsor di  dua rumah terancam ambruk akibat tanah longsor pada Jumat (12/04/2024). Dua rumah itu, milik seorang lansia, Yoyoh (75) dan Dede.


Tebing di sisi dua rumah ini mengalami longsor pada Jumat Sore jam 16.30 WIB setelah hujan deras dalam waktu cukup lama. Tebing yang longsor tersebut menjebol dinding dan bangunan rumah. Selain tanah longsor, hujan deras juga mengakibatkan sawah milik Saripah (50) rusak parah.


"Sejak beberapa hari sudah hujan deras. Setelah itu, Jumat sore selepas Ashar terjadi longsor hingga merusak dua rumah dan sawah," ujar Kepala Dusun (Kadus) 03, Apit Burhanudin.


Beruntung saat kejadian, kata Apit, warga bisa menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban jiwa. Warga bersama Ketua RT 05, Muslih dan sejumlah Tokoh Masyarakat setempat hingga Jumat malam bergotong royong membersihkan material tanah longsor.


Saat ini korban longsor mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman. Kadus Apit Burhanudin meminta warga sekitar untuk waspada, karena hujan deras dalam waktu yang cukup lama ini akan berpotensi terjadinya longsor.


Sementara itu hingga Jumat malam, perangkat desa dan sejumlah warga masih terus melakukan evakuasi dan pembersihan rumah dari longsoran material. Keluarga korban musibah longsor berharap rumahnya yang rusak parah akibat tertimbun Tanah mendapatkan bantuan.*** (Yopi).

close